Thursday, June 20, 2024

Cemas akan Masa Depan? Ini Cara Menghadapi Quarter Life Crisis yang Perlu Dilakukan!

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Get Link
Congrats! Link is Generated

Umumnya, di usia 18-30 tahun, hampir semua orang di masa itu tengah mengalami berbagai masalah. Khususnya mengenai masalah mental yang dikenal dengan quarter life crisis yang mana di masa itu, seseorang mengalami perasaan cemas akan masa depan. Untuk mengatasinya, memang dibutuhkan cara menghadapi quarter life crisis yang mana salah satunya akan dibahas di bawah ini.

Cara Menghadapi Quarter Life Crisis
Cara Menghadapi Quarter Life Crisis agar Tidak Menjadi Lebih Parah

Mulai Aktif dan Lebih Produktif

Salah satu penyebab seseorang merasa cemas yakni karena umumnya setiap orang yang berada dalam kondisi tersebut berada dalam keadaan pasif dan tidak bersemangat. Termasuk dengan kondisi quarter life crisis ini.

Oleh karena itu, agar masalah mental tersebut tidak mudah datang, sebaiknya Anda menjadi lebih aktif. Lakukan kegiatan yang Anda sukai yang bisa membuat Anda lupa akan semua permasalahan yang terjadi.

Dengan banyaknya kesibukan, lambat laun akan membuat Anda tidak memiliki waktu untuk memikirkan hal-hal yang tidak perlu, yang hanya akan membuat Anda menjadi lebih panik dan stress.

Jangan Pernah Membandingkan Diri Anda dengan Orang Lain

Setiap orang memiliki masalah dan peruntungannya sendiri. Oleh karena itu, Anda tidak perlu membandingkan hidup Anda dengan orang lain. Belum tentu juga apa yang dialami oleh orang lain akan sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

Dengan kata lain, membandingkan diri Anda dengan orang lain tidak akan membuat Anda merasa jauh lebih baik. Justru malah akan membuat Anda menjadi stress, yang memicu munculnya kondisi quarter life crisis.

Mulailah untuk Mencintai Diri Sendiri

Dengan selalu membandingkan diri Anda dengan orang lain tanpa disadari membuat Anda merasa tidak bersyukur dengan kondisi Anda saat ini, hingga membuat lupa untuk mencintai diri sendiri.

Perlu diketahui, bahwa setiap orang merupakan individu yang berharga, tergantung dari mindset mereka masing-masing dalam mencintai pribadi mereka sendiri.

Dari uraian tersebut bisa disimpulkan, bahwa salah satu cara menghadapi quarter life crisis tak lain adalah dengan memulai untuk mencintai diri Anda sendiri, baru kemudian Anda memikirkan ataupun mencari cara untuk membahagiakan orang lain.

Ubah Ketakutan menjadi Tantangan

Jika Anda mulai menyadari bahwa Anda mengalami quarter life crisis yang ditandai dengan mulai munculnya rasa cemas dan pesimis akan masa depan. Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan menjadikan ketakutan dan kecemasan tersebut menjadi sebuah tantangan. Khususnya tantangan ke arah yang lebih baik dan positif.

Misalnya jika Anda merasa cemas bahwa di masa depan nanti Anda tidak memiliki kemampuan finansial yang cukup. Anda bisa mulai menabung dari sekarang, sebagai bekal di masa depan nanti.

Begitu juga jika Anda khawatir tidak bisa bertahan di perusahaan tempat Anda bekerja sekarang karena khawatir tergeser oleh orang-orang yang lebih muda dan produktif.

Cara menghadapi quarter life crisis untuk masalah tersebut yakni dengan meningkatkan skill yang Anda miliki dan mulailah untuk bersikap aktif dan produktif di lingkungan kerja. Dengan begitu, perusahaan akan berpikir dua kali untuk mengeluarkan Anda dari perusahaan dan menggantinya dengan karyawan baru yang lebih muda.

Ceritakan Masalah Anda pada Orang Terdekat

Jika cara-cara di atas tetap belum bisa mengatasi quarter life crisis yang tengah Anda hadapi, maka Anda bisa menceritakan masalah Anda tersebut pada orang terdekat Anda.

Selain diharapkan, orang terdekat tersebut bisa membantu Anda. Dengan menceritakan masalah Anda pada orang lain, tanpa disadari akan membuat Anda merasa lega karena tidak ada lagi yang perlu ditutupi. Di sisi lain, cara tersebut juga bisa membuat Anda merasa tidak sendiri, karena ada orang lain yang peduli pada Anda.

Quarter life crisis mungkin saja akan berbahaya bagi emosi dan mental seseorang. Namun dengan melakukan cara menghadapi quarter life crisis seperti yang telah dibahas di atas, akan membuat Anda bisa dengan mudah menghadapi masalah tersebut.

0 komentar

Post a Comment